Macam - macam pose YOGA ( POSISI TERLENTANG )

1. Bajrasana

Saat berlutut berat tubuh berada di atas lutut, tulang kering dan bagian-bagian telapak kaki. Dalam yoga, pose berlutut seringkali digunakan untuk membantu membuka sendi-sendi pinggul dan lutut.


2. Ustrasana (Camel Pose)

Memberikan ekstensi tulang belakang, pinggul, tangan dan kaki. Membuat ekstensi tulang belakang yg sehat didasar leher atau diatas tulang belakang dada, bias sangat menantang. Itu membantu untuk focus pada pelepasan.


3. Kapotasana (Pigeon Pose)

Memberi ekstensi pada tulang belakang, bagian kaki dan tangan. Tekanan akan lebih tersa pada tulang belakang saat kepala sampai pada bagian telapak kaki atau ujung jari kaki.


4. Halasana (Plow Pose)

Memberikan refleksi pada leher tulang belakang, dada, pinggul, bahu, kaki dan tangan.


5. Sarvangasana (Shoulder stand Pose)

Menguatkan tulang leher dan lengan. Memberikan refleksi pada tulang belakang, bahu, kaki dan tangan. Memanjangkan otot tulang belakang dan bahu.


6. Matsyasana (Fish Pose)

Menekuk punggung tingkat dasar ini merupakan ekstensi tulang belakang serta pinggul. Merefleksikan bagian tulang belakang kaki dan tangan. Memanjangkan otot-otot leher.


7. Sava3. sana (Corpse Pose)
Asana ini dianggap yang paling mudah dilakukan, tetapi paling sulit dikuasai. Apapun yang dituntut cabang olah raga senam pada asana-asana lain untuk menyeimbangkan, menguatkan atau melenturkan, tantangan untuk melepaskan ketegangan dari setiap bagian tubuh dan pikiran keungkinan merupakan ujian terbesar bagi pelaku yoga. Dan biasanya pose ini merupakan pose terakhir untuk mengakhiri latihan yoga (penyerapan/relaxasi)

2 komentar:

  1. alangkah baiknya kalau bisa di tampilkan foto/ gambar untuk beberapa posis telentang ini sebagaimana pada posisi telungkup dan bertumpu pada kaki, sukseme

    BalasHapus
  2. mantap wik...
    ijin copas untuk bajrasananya, untuk menambah refrensi :)

    BalasHapus