Macam - macam pose YOGA ( POSISI BERDIRI )

Ada berbagai macam pose yg secara umum kita kenal baik pose yang dilakukan berdiri, duduk, terlentang, telungkup dan masih banyak lagi akan aku bahas satu persatu. Dengan harapan kita bisa mengenal gambaran secara umum pose-pose tersebut. Aku mulai dari penjelasan posisi berdiri.

1. Mountain Pose
Pose berdiri yang mudah . Titik referensi awal untuk studi tentang gerakan  dan anatomi. Posisi telapak tangan menghadap kesisi paha bukan di depan paha. Pose ini berguna menguatkan otot kaki. 

2. Virabhadrasana l (Warrior I)
Untuk merefleksikan sendi,  panggul, tulang belakang seutuhnya, gerakan dalam kaki (rotasi untuk menyeimbangkan panggul) memposisikan dan menjaga relasi panggul dengan kaki dan batang tubuh mebutuhkan gerakan kuat dalam dinding perut.

3. Virabhadrasana ll (warrior ll)
Memanjangkan sendi pinggul belakang dan sendi pinggul depan.

4. Virabhadrasana lll (warrior lll)
Menguatkan otot kaki yang berdiri. Gerakan ini untuk menyeimbangkan gerakan perut dengan punggung. Hambatan yg sering ditemui dalam gerakan ini adalah kelemahan dalam tulang belakang dan otot-otot perut.

5. Utthita Parsvakonasana
Merefleksi otot pinggul, lengan, tulang belakang dan kaki belakang. Gerakan ini sangat terasa pada otot paha bagian bawah, karena menahan beban tulang belakang melalui kaki depan.

6. Parivrtta Baddha Parsvakonasana
Pada gerakan rotasi ini sangat memberi pijatan pada tulang belakang dimana tulang belakang bekerja aktif untuk memberi respon yang ditimbulkan oleh gerakan lengan yg saling terikat antara pergelangan tangan.

7. Trikonasana (Triangle Pose)
Menggerakkan dan memanjangkan kaki depan dan kaki belakang. Bagian belakan kaki depan harus aktif untuk mencegah lutut menekuk berlebihan. Sensasi dari dalam lutut merupakan signyal penting untuk menghentikan dan menyesuaikan gerakan atao posisi anda.

8. Utkatasana (Chair Pose)
Merefleksikan tulang belakang, bahu, lengan dan kaki. Lingkar bahu, tulang belakang dan otot paha bawah saling menyeimbangkan.

9. Uttanasana
Merefleksi pinggul, lutut dan tulang belakang . Semakin lurus paha belakang semakin besar tekanan yg diberikan untuk tulang belakang.

10. Vrksasana (Tree Pose)
Merefleksikan kaki yang diangkat dan bagian kaki yang serdiri serta telapak kaki yang berdiri. Memanjangkan kaki yang diangkat dan kaki yang berdiri.

11. Garudasana (Eagle Pose)
Pose keseimbangan berdiri ini merefleksikan tulang belakang secara ringan. Rotasi pada kaki yang dililitkan menambah tekanan pada paha bagian atas yang menumpunya. Memanjangkan posisi tangan dan posisi kaki.

12. Natarajasana (King of the dancers pose)
Merefleksikan lengan tulang belakang kaki yang berdiri dan kaki yang diangkat. Memanjakan tangan tulang belakang kaki yang berdiri dan kaki yang diangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar